Pameran Kopi Perdana Mesir Digelar

DUTA Besar (Dubes) RI untuk Mesir, Lutfi Rauf membuka secara resmi festival kopi 2021 yang baru pertama kali diselenggarakan di Citycentre Al Maza kota Cairo, Mesir.

Dalam sambutan pembukaan pameran itu, Kamis 4 Februari 2021, Dubes Cairo menyampaikan terima kasih kepada importir Mesir atas loyalitasnya dalam menghadirkan produk kopi Indonesia guna memenuhi animo masyarakat Mesir yang tinggi dalam meminum kopi.

“Kami sebagai perwakilan RI di Mesir mengapresiasi sekali kegiatan promosi
produk unggulan Indonesia seperti kopi yang dilakukan di Mesir. Produk kopi memiliki peluang ekspor yang sangat besar di Mesir,” jelas Dubes.

Sejauh ini, lanjutnya, jenis kopi Indonesia yang tinggi potensi ekspornya ke Mesir adalah Robusta. Pada umumnya para pemilik kedai kopi tradisional Mesir mencampur kopi jenis robusta Indonesia ini dengan sedikit arabika dan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, biji pala maupun kayu manis.

“Sehingga memberikan cita rasa dan aroma yang disukai masyarakat,” ujarnya.

Atase Perdagangan Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi saat mendampingi Dubes, mengatakan trend minum kopi saat ini yang mulai berkembang di kalangan milenial Mesir adalah pada kopi premium dan spesialty.

“Sehingga kedepannya kopi khas Indonesia seperti Gayo, Sinabung, dan lain sebagainya akan semakin diminati di Mesir,” kata Irman.

Menurut data BPS, pada Januari- November 2020 Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar pertama di Mesir dengan total nilai ekspor sebesar USD sebesar 50,20 juta dolar AS dengan 29,637 ton.

Diketahui, pameran tersebu disponsori oleh El Bahnasawi Coffee, salah satu importir utama Mesir dimana 70 persen kapasitas kopinya berasal dari Indonesia.

Selain Bon El Bahnasawi, para eksibitor kopi yang hadir dalam festival itu antara lain Abu Auf, Lavazza Coffee Shop, Arzum Okka Coffee Machine, Ovvio, Grand Cafe, Al Malik Sholeh Coffee, Tarara Coffee, Mom’s Choco Cafe, Bom Gosto Coffee, dan Fooad Egypt Store. (sur/liq)