Lurah Pegadungan yang Kena OTT Dipecat

JAKARTA, HNN – Lurah Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat Jufri yang tertangkap tangan tim saber pungli Polres Metro Jakarta Barat dipastikan akan dipecat. Dirinya ditangkap tim saber pungli pada Kamis (6/4/2017) lalu.

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, memastikan proses administrasi untuk pemberhentian lurah tersebut sedang diproses.

“Surat pemecatan sudah berlangsung kalau sudah begini langsung diberhentikan sementara, langsung administrasi pemberhentian tetap, jadi prinsipnya udah tidak aktif lagi jadi lurah,” tutur Sumarsono di Jl Taman Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2017).

Dirinya menegaskan tidak hanya bagi Lurah Pegadungan yang dipecat.

“Semua lurah yang tertangkap OTT karena pungli akan diberhentikan. Tidak ada pilih-pilih, semua yang melakukan kegiatan terlarang tersebut akan dipecat,” ujarnya.

Penangkapannya bermula adanya laporan dari masyarakat tentang adanya pungli mengurus tanah girik. Tim saber pungli berhasil menyita sejumlah uang sebagai barang bukti.

“Sementara kita lengkapi administrasi yang kita sita itu ada padanya sebesar Rp 2 juta, dan kemudian dilakukan pengembangan oleh tim penyidik. Kita lakukan penggeledahan dan ditemukan Rp 5 juta yang ada pada tersangka,” ujar  Ketua Tim Saber Pungli Jakarta Barat AKBP Adex Yudiswan.

Pria yang juga menjabat wakapolres Jakarta Barat itu mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan. Dari keterangan tersangka, setiap orang yang mengurus tanah girik dipungut uang senilai Rp 2 juta.

Pelaku bakal dijerat dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Tindakan Pidana Korupsi. Ancaman Hukuman yang dia terima maksimal tiga tahun. (Ram)