Zumi Zola: IWO Harus Berani Sikat Anggota yang Langgar Kode Etik

JAMBI, HNN – Pengurus Wialyah Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi melakukan audiensi dengan Gubernur Jambi Zumi Zola di rumah dinasnya kawasan Ancol Pasar Jambi Selasa (18/7/2017).

Dalam audiensi yang berlangsung hangat tersebut  terlihat jajaran pengurus IWO proivinsi Jambi diantaranya Ketua IWO Provinsi Jambi Nurul Fahmy, Sekretaris IWO Provinsi Jambi Erwin Majam, Ketua panitia palaksana pelantikan Ramadhani, serta beberapa orang pengurus harian.

Dalam kesempatan itu Zola mengatakan, dengan perkembangan dunia informatika saat ini, terlebih di zaman globalisasi saat ini, media online saat ini merupakan media yang terdepan dalam memberikan informasi.

Namun harus tetap menjunjung kode etik untuk itu dirinya sangat mendukung serta mengapresiasi atas terbentuknya IWO di Provinsi Jambi.

“Pemerintah provinsi Jambi akan siap bekerjasama,” ujarnya.

Sambungnya, dengan kondisi saat ini tentunya IWO memiliki tantangan yang sangat besar yakni bisa menaungi para jurnalis online di Jambi.

“IWO Jambi juga harus menjaga kredibiltasnya dengan mengedepankan pemberitaan-pemberitaan yang benar sesuai dengan fakta yang ada, pasalnya saat ini menjamur nya berita-berita hoax,” terangnya.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh pengurus IWO agar tidak membuat berita yang tendensius, terutama saat ini kondisi Jambi tengah menghadapi ajang Pemilihan Kepala Daerah. IWO juga harus memberitakan yang objektif dan dapat mengedukasi masyarakat.

“IWO harus bisa menindak tegas anggotanya yang melakukan pemberitaan tidak sesuai dengan kode etik,” ujarnya

Hal senada juga disampaikan Ketua IWO provinsi Jambi, Nurul Fahmy, dirinya mengatakan bahwasanya di dalam ke organisasi IWO Provinsi Jambi, selain memiliki anggota pengurus harian juga memiliki Dewan Etik yang bertugas melakukan penyidangan para anggota yang menyalahi kode etik.

IWO provins Jambi kata Fahmy, juga siap menampung laporan dari masyarakat yang komplain terhadap berita yang di buat oleh wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi ini.

“Sebelum di sampaikan ke Dewan Pers, tentunya di selesaikan dulu secara internal IWO, kalau tidak bisa di selesaikan secara internal barulah kita serahkan ke Dewan Pers,” tegasnya dalam siaran pers tadi malam. (julia)