RèJO: BLT dapat Jadi Penggerak Ekonomi Mikro

KETUA umum Relawan Jokowi alias ReJO HM Darmizal MS menilai, dampak Covid-19 atau Corona di Indonesia sangat berdampak besar pada sektor ekonomi. Pemerintah, kata dia, sebaiknya melakukan tindakan yang berbasis pada penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM untuk menggerakan ekonomi di masyarakat.

“Bantuan dalam bentuk barang sebaiknya dikurangi dan dialihkan dalam bentuk bantuan langsung tunai atau BLT, agar masyarakat dapat membelanjakan bantuan tersebut sesuai kebutuhan terkini mereka, yang sekaligus berdampak dalam menggerakkan UMKM di lingkungan mereka dan menjadi bagian dari masyarakat tersebut,” ujar Darmizal Minggu 23 Agustus 2020.

Menurutnya, aksi ini sebaiknya diambil dengan cepat dan secara intens oleh pemerintah. Hal itu dilakukan agar situasi ekonomi yang tidak menguntungkan pada saat pandemi Covid-19 bisa diperbaiki.

“Selain itu jika pemerintah bisa memberikan dorongan bagi UMKM dan ekonomi masyarakat bisa bangkit. Maka hal tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Saya kira Bantuan Langusng Tunai (BLT) cocok sebagai pengganti bantuan pengganti,” jelas Darmizal.

Masih menurut pengusaha kawakan ini, pemerintah melalui Presiden Jokowi tentu mempunyai perangkat yang kuat untuk menggerakkan UMKM di Indonesia. Dengan kemauan dan keberpihakan terhadapy masyarakat hal tersebut tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

“Jika pemerintah menemui hambatan birokrasi atau kapabilitas dari pengambil keputusan maka Presiden bisa mengambil langkah tegas. Presiden Jokowi pun bisa memilih perangkat pengganti yang lebih cepat dan mampu menjadi pengambil keputusan yang peka terhadap krisis dan berpihak pada masyarakat,” pungkas alumni UGM Yogyakarta ini. (kaila hapsari)