Mendag janji Stabilkan Harga Sembako Jelang Ramadan

JAKARTA, HNN – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan harga bahan pokok menjelang ramadan dan lebaran stabil. Kementerian Perdagangan bersepakat dengan seluruh produsen, distributor, pedagang retail modern, dan asosiasi pedagang pasar untuk menentukan harga sembako.

Enggar memastikan harga gula tak lebih dari Rp12 ribu per kilogram. Harga maksimal minyak goreng dengan kemasan sederhana Rp11 ribu per kilogram.

“Pedagang tidak boleh menjual lebih dari itu. Harga itu sudah merata di seluruh Indonesia,” kata Enggar dalam program PrimeTime News, Metro TV, Jakarta, Rabu, 3 Mei 2017.

Untuk minyak curah, Kemendag menetapkan harga lebih murah, yakni Rp10.500 per kilogram. Enggar akan menggelar operasi untuk memastikan harga stabil.

“Untuk minyak curah, kami akan melakukan operasi dan mengirim truk tangki agar minyak curah bisa dijual Rp10.500,” tambah dia.

Untuk daging, Enggar mematok harga maksimal Rp80 ribu per kilogram. Meski stok daging dipastikan aman, Enggar tetap membuka keran impor daging.

“Nanti masyarakat memiliki pilihan daging beku kerbau dan sapi, daging-daging itu diimport dari Spanyol, Australia, dan Meksiko. Harganya Rp80 ribu, kami sudah menghitung marjinnya,” terang Enggar.

Sampai saat ini, Bulog telah menyiapkan lebih dari 50 ribu ton daging sapi. Stok itu akan terus bertambah menjelang ramadan dan lebaran. (julia)